22
Feb
2019

Kekurangan Dan Kelebihan Lantai Vinyl Kayu

Lantai adalah landasan yang terdapat pada berbagai jenis rumah yang memiliki banyak sekali fungsi salah satunya yaitu untuk meletakkan furniture dan berfungsi sebagai pijakan kaki kita saat berjalan-jalan di rumah atau melakukan aktivitas sehari-hari. Lantai memiliki peranan penting dalam sebuah rumah, jadi dalam hal ini kita perlu memperhatikan material yang digunakan untuk dalam pembuatan lantai.

Saat ini banyak sekali pilihan jenis lantai yang bisa anda gunakan yang pastinya jenis lantai yang akan anda pilih harus menyesuaikan dengan konsep bangunan yang anda pilih. Bagi anda yang memiliki rumah dengan konsep modern klasik, anda bisa menggunakan jenis lantai vinyl kayu.

Lantai vinyl sendiri merupakan salah satu jenis penutup lantai atau pelapis lantai selain keramik yang bisa digunakan, lantai dengan jenis ini terbuat dari PVC atau polyvinyl chloride yang merupakan bahan seperti plastik dengan kelenturan yang baik dibandingkan jenis lantai lainnya. Selain itu, lantai vinyl juga memiliki kandungan pasir putih sehingga lantai ini bisa menjadi solusi untuk anda yang tidak mau ribet dan ingin menghemat uang.

Kelebihan Lantai Vinyl Kayu

Banyak sekali jenis dari lantai vinyl salah satunya yaitu lantai vinyl kayu. Sama halnya dengan material lantai yang lain, lantai vinyl kayu juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan kita jelaskan pada ulasan berikut ini!

  1. Memiliki tekstur yang halus dibandingkan dengan permukaan lantai parket.
  2. Memiliki berbagai jenis warna, jadi anda tidak perlu bingung dalam memilih warna yang pas untuk selera anda.
  3. Tahan lama atau awet hal ini karena bahan dari lantai terbuat dari campuran bahan kimia ketahanannya bisa sampai beberapa tahun.
  4. Tahan terhadap kondisi cuaca.
  5. Proses pemasangan lantai yang sangat mudah sehingga anda bisa memasangkannya sendiri.
  6. Perawatannya mudah.

Kekurangan Lantai Vinyl Kayu

Selain kelebihan yang dimiliki oleh lantai vinyl kayu, tentunya lantai dengan jenis ini juga tidak lepas dari kekurangan yang dimilikinya, tipe lantai jenis ini juga tentu saja memiliki aspek kekurangan dari segi kualitas, ketahanan dan lainnya. Berikut beberapa kekurangan dari lantai vinyl kayu :

  1. Berbahan dasar PVC yang mana bahan ini melepaskan VOC ke udara akibatnya akan membuat kualitas udara di rumah anda semakin menurun serta tercemar.
  2. Area bawah lantai vinyl harus tetap kering, jika permukaannya tidak kering maka akan mudah sekali terlepas.
  3. Rentan terhadap benda-benda tajam, hal ini dikarenakan tekstur lantai sangat lembut jadi jika terkena benda tajam akan mudah robek atau rusak dan anda harus menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari lantai vinyl kayu yang perlu anda ketahui. Penggunaan lantai vinyl bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat desain rumah yang berbeda. Namun dalam hal ini tentu saja harus bisa mempertimbagkan aspek kekurangan dan kelebihan tipe lantai yang satu ini. Jangan sampai nantinya tidak sesuai dengan konsep desain dan harus membongkar lagi dan tentunya menghabiskan banyak biaya.

Jika ingin menggunakan lantai vinyl kayu sebaiknya Anda harus mempertimbangkan dalam jangka waktu lama. Jika memang menginginkan konsep rumah dengan lantai vinyl dalam jangka waktu panjang maka tentu saja tidak masalah. Namun, jika suatu saat ingin mengganti model desain lantai maka sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775424914