22
Feb
2019

Tipe Lantai Kayu Parket

Lantai kayu atau lantai kayu parket adalah kumpulan kepingan kayu yang biasanya berupa kayu original atau kepingan kayu yang telah dipress sedemikian rupa yang diterapkan diatas lantai konkrit baik itu di interior ataupun eksterior. Lantai kayu parket juga sering disebut sebagai penutup lantai yang biasanya diterapkan di residential, hotel, villa dan bahkan perkantoran.

Lantai kayu parket ini sekarang banyak sekali ragam jenis serta pengaplikasiannya. Dalam konsep desain rumah era modern ataupun di perkantoran, penerapan lantai kayu parket menjadi pilihan yang tepat. Menciptakan kesan yang sangat elegan sekali untuk desain dan dekorasi sebuah ruangan dengan lantai kayu parket.

 

Pilihan Tipe Lantai Kayu Parket

Dalam memilih lantai parket tentu saja dalam hal ini harus disesuaikan dengan konsep ruangan atau konsep tata ruang yang diterapkan. Penggunaan parket memang memberikan kesan yang berbeda dengan penggunaan lantai biasa. Lantai kayu parket terbagi menjadi 2 yaitu parket solid dan parket engineered. Apa itu parket solid dan engineered? Berikut ulasannya!

Lantai Kayu Parket Solid

Parket solid merupakan lantai parket yang menggunakan 100% kayu original dalam penerapannya, biasanya kayu yang digunakan yaitu kayu jati, merbau, sonokeling, bangkirai dan ulin. Nah, parket solid juga mempunyai 2 jenis yaitu solid FJ dan solid FJL yang mana kedua jenis ini memiliki harga yang cukup signifikan yaitu perbandingan 1:2.

  1. Solid FJ

Solid FJ merupakan parket solid yang menggunakan 1 kayu utuh per satu modul yang mana tanpa adanya sambungan kayu laiin yang dipasang berjajar horizontal.

  1. Solid FJL

Sedangkan solid FJL merupakan parket solid yang menggunakan beberapa kayu yang biasanya disambung menjadi satu persatu modul. Secara visualĀ  solid FJL ini terlihat dari sekat garis vertikalnya.

Lantai Kayu Parket Engineered

Nah, untuk tipe yang kedua adalah parket enginineered yang merupakan jenis parket yang mempunyai lapisan sangat tipis pada lapisan pertamanya, dan dibawahnya terdapat lapisan multipleks atau plywood untuk memperkuat. Biasanya kayu yang digunakan parket engineered ini yaitu kayu jati, sonorkeling, whole nut dan white oak.

Kedua jenis lantai kayu parket ini tentunya memiliki perbedaan yang cukup siginifikan, baik dari egi kualitas, harga dan ketahanan saat digunakan dalam jangka waktu lama. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh lantai kayu parket solid dan parket engineered.

Kelebihan Lantai Kayu Parket Solid

Berikut ini kelebihan dari parket solid yang perlu anda ketahui :

  1. Parket solid bisa di re-finishing berulang-ulang sampai 5 kali jadi anda bisa mennggunakannya berulang-ulang.
  2. Bahannya lebih kokoh dibandingkan parket engineered.
  3. Lebih tahan lama hal ini dikarenakan kayu yang digunakan adalah kayu asli tanpa adanya campuran dari lapisan lainnya.

Kelebihan Lantai Kayu Parket Engineered

Inilah kelebihan dari parket engineered :

  1. Harga lebih ekonomis dibandingkan dengan parket solid.
  2. Bisa dipasangkan di basement.
  3. Bahan lebih stabil atau tidak mudah kembang susut.

Nah, itulah sekilas mengenai tipe lantai kayu parket yang perlu anda ketahui. Anda bisa memilih salah satu diantara tipe yang ada tentunya dengan mempertimbangkan kelebihan yang ada biasanya lantai kayu parket yang banyak sekali digunakan yaitu tipe solid karena lebih tahan lama dan berkualitas walaupun harganya lebih mahal dibanding tipe engineered. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775424914