22
Feb
2019

Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Kayu Jati

Lantai kayu jati – Dalam membangun sebuah rumah tentunya banyak hal yang perlu kita perhatikan salah satunya desain rumah yang harus dirancang sedemikian rupa dan semenarik mungkin sehingga enak untuk dipandang dan akan membuat penghuninya menjadi lebih betah di rumah. Dalam mendesain rumah juga tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya desain lantai yang tepat. Lantai merupakan landasan yang memiliki banyak sekali fungsi dalam sebuah rumah, saat ini lantai bisa didesain sedemikian rupa sesuai dengan yang anda inginkan.

Sekarang banyak sekali jenis lantai yang dijual di pasaran salah satunya adalah lantai kayu jati. Walaupun terkesan ketinggalan zaman, namun ternyata lantai kayu jati saat ini banyak sekali dicari oleh beberapa orang terutama bagi mereka yang menginginkan rumahnya telihat lebih unik, cantik dan hangat. Lantai kayu sendiri merupakan produk yang berasalh dari kayu yang dirancang menjadi sebuah lantai baik secara struktural maupun estetika. Lantai kayu jati saat ini banyak sekali dicari oleh banyak sekali orang, terlepas dari hal tersebut tentunya terdapat kelebihan dan juga kekurangan dari lantai kayu jati. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya!

Kelebihan Lantai Kayu Jati

Lantai kayu jati memang terkenal sangat indah dan memberikan kesan alami serta natural. Disisi lain, lantai kayu juga dapat dimanfaatkan oleh anda yang menginginkan rumah minimalis, oleh karna itulah lantai kayu jati kerap diminati banyak orang. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki lantai kayu jati:

  1. Daya tahan serta keawetannya bisa diandalkan, lantai kayu jati bisa bertahan sekitar 20 tahun.
  2. Penampilan natural.
  3. Perawatan yang cukup mudah jadi anda tidak akan mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatannya.
  4. Investasi jangka panjang hal ini dikarenakan lantai kayu dapat meningkatkan daya jual properti dengan harga jual yang akan berbeda dari awal mula anda membeli.
  5. Baik untuk kesehatan karena lantai kayu jati bersifat menyerap panas yang akan membuat lantai anda terasa lebih hangat jika dibandingkan lantai dari keramik atau marmer. Dari segi kesehatan lantai kayu bermanfaat untuk menghindari penghuninya dari penyakit rematik.

Kekurangan Lantai Kayu Jati

Terlepas dari kelebihannya, lantai kayu jati juga memiliki memiliki kekurangan yang perlu anda ketahui, berikut kekurangannya:

  1. Rentan terhadap goresan.
  2. Tidak tahan terhadap cuaca, misalnya jika sering terkena sina matahar warna dari lantai akan cepat memudar oleh sebab itu anda perlu melakukan pengecetan setiap 3 bulan sekali.
  3. Mudah rapuh dan rusak.
  4. Lantai dapat memuai dan menyusut jika terjadi perubahan suhu yang drastis.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dari lantai kayu jati. Seperti halnya material lain, kayu juga memiliki kekurangan dan kelebihan, hal ini tentunya perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membeli lantai dari kayu jati.

Meskipun ada kekurangannya, namun tentu saja lantai kayu jati ini bisa lebih tahan lama sebab jenis kayu yang satu ini tidak mudah terkena rayap. Jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, kayu jati memang sangat diunggulkan sekali. Dari segala jenis kayu, kayu jati bisa dibilang sebagai salah satu jenis kayu dengan kualitas yang sangat bagus sekali. Oleh karena itu, jika memang Anda memiliki ide untuk dekorasi rumah dengan konsep sentuhan material kayu maka penggunaan kayu jati sangat tepat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775424914