22
Feb
2019

Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Vinyl

Kelebihan dan kekurangan lantai vinyl – Memiliki rumah yang rapi dan juga bersih tentunya merupakan harapan dari banyak orang hal ini dikarenakan saat rumah nyaman dan bersih tentunya terasa nyaman ditempati. Terdapat banyak sekali faktor yang membuat rumah terlihat rapi dan bersih salah satunya yaitu penggunaan jenis lantai yang sesuai dengan kondisi rumah anda. Dalam penggunaan lantai tentu saja harus sesuai dengan desain yang dipilih atau diterapkan.

Berbicara tentang penggunaan jenis lantai banyak sekali orang yang merasa kebingungan saat akan menentukan jenis lantai untuk menunjang kenyaman, hal ini tentunya sangat wajar karena banya sekali pilihan lantai yang ada dipasaran dari berbagai macam jenis lantai yang bisa ditemukan salah satu yang banyak digunakan adalah lantai vinyl.

Berbeda dengan jenis pelapis lantai lain yang umum sering kita temui, lantai vinyl mempunyai pilihan jenis papan atau lembaran yang cukup berragam. Secara harga lantai vinyl memang relatif cukup murah namun sama seperti jenis lantai lainnya, lantai vinyl juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya!

Kelebihan Lantai Vinyl

Terkait kelebihan dari lantai jenis vinyl memang banyak dan bisa dibilang penggunaan lantai ini cukup bagus untuk desains ebuah rumah. Berikut ini kelebihan dari lantai vinyl yang perlu anda ketahui:

  1. Perawatan yang lebih mudah karena anda hanya cukup menyapu serta mengepel saja untuk menjaga agar lantai selalu bersih.
  2. Memiliki banyak sekali pilihan sehingga anda bisa dengan leluasa dalam menentukan warna, corak dan juga gaya.
  3. Rancangan dari lantai vinyl dibuat menyerupai jenis lantai lain misalnya bebatuan dan kayu.
  4. Lantai vinyl memilki permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan lantai dari bahan kayu.
  5. Kelebihan lainnya yaitu lebih nyaman saat dipijak dikarenakan pada bagian bawahnya dilapisi dengan kain atau busa.
  6. Lebih fleksibel dalam hal pemasangannya karena lantai ini merupakan jenis lantai yang lembut.
  7. Umur ekonomis vinyl relatif tahan lama yaitu sekitar 10 sampai 15 tahun.
  8. Tekstur lantai cukup kuat karena mampu menahan air.

Kekurangan Lantai Vinyl

Setelah mengetahui kelebihan dari lantai vinyl rasanya tidak akan lengkap jika anda tidak mengetahui kekurangan dari lantai vinyl. Apa saja kekurangan dari jenis lantai ini? Berikut kekurangan dari lantai vinyl :

  1. Dapat membahayakan hal ini dikarenakan lantai vinyl terbuat dari bahan PVC yang sangat berbahaya untuk anda yang sangat sensitive terhadap jenis bahan kimia. Bahan PVC ini dapat melepaskan VOC.
  2. Perekat dari lantai vinyl seringkali tidak merekat optimal sehingga sangat mudah lepas apalagi jika lapisan pertama tidak dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Mudah rusak saat terkena benda tajam atau gesekkan bena berat.
  4. Kekurangan berikutnya dari lanati vinyl adalah sulit untuk diperbaiki, jika rusak maka harus diganti dengan yang baru. Hal ini tentunya memakan biaya lebih dalam renovasi rumah.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai vinyl. Terlepas dari kelebihan serta kekurangannya, sebenarnya hal ini kembali lagi pada masing-masing orang baik itu dari segi keuangan maupun dari segi selera untuk menentukan pilihan model lantai yang akan digunakan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan untuk anda dalam memilih model, motif dan jenis lantai vinyl yang akan diaplikasikan dalam desain interior rumah!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6287775424914